Kamis, 02 Februari 2012

Menjadikan Kampung Produktif Yang Mantap


Menjadikan Kampung Produktif Yang Mantap
Sebuah desa yang sudah mempunyai suatu hasil yang khas dan berpotensi tinggi sangat bagus untuk dikembangkan agar menjadi sebuah desa produktif. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan ketrampilan- ketrampilan kepada warga setempat, atau membuat sekolah khusus untuk mengembangkan potensi dari desa tersebut. Tidak hanya pelatihan saja bantuan atau sarana prasarana desa tersebut harus juga diperhatikan agar apa yang menjadi tujuan untuk menjadikan sebuah desa produktif berjalan dengan lancar.
Salah satu kegaiatn etoser 2009 semarang adalah membuat suatu kampong produktif. Disini suudah berjalan cukup bagus tetapi salah satu kendalanya kurang ada kelanjutan yang berjalan terus menerus. Sehingga kurang produktif juga, pelatihan yang diberikan kepada warga kurang bermanfaat karena kurangnya pengaplikasian dan pengawasan. Modal mungkin juga menjadi kendala disini. Pemasaran yang mungkin juga masih kurang. Maka perlu diamati lebih lanjut dan dikaji apa yang menjadi masalah dalam kampong produktif tersebut.
Desa Rowosari merupakan desa yang mempunyai hasil perkebunan pisang yang sangat tinggi, dan komoditas besar dari desa tersebut pisang. Sebuah desa yang mempunyai keunggulan sebuah sebuah hasil tersendiri perlu dikembangkan supayamempunyai produktifitas yang tinggi. Disinilah etoser 2009 semarang membuat program kampong produktif. Disana diadakan pelatihan- pelatihan pembuatan atau pemfaatan dari perkebunan pisang yamg melimpah tersebut. Mulai dari pemanfaataan batang pisang yang dijadikan sampho debho. Yang hasilnya lumayan bagus dan sekarang lolos PKM (Progarm Kretivitas Mahasiswa). Dari hasil sesuatu daerah atau potensi suatu daerah- daerh inilah yang dapat menumbuhkan idi- ide baru seperti sampho Debho ini.
Mulai dari batang sebuah pohon pisang yang dapat dijadikan produk shampo kemudian juga diadakan pelatihan- pelatihan kepada warga tentang cara pengolahan pisang yang dapat dijadikan produk- produk makanan kecil. Kripik pisang merupakan salah satu peltihan yang diberikan kepada warga Wonosari, dan masih banyak lagi peletihan cara pengolahan pisang agar menjadi makana yang berkualitas dan menarik. Harapanya dari sini kita dapat membuat sebuah desa yang produktif dan bisa menjadi sebuah desa yang mandiri. Mandiri disini mempunyai hasil perkebunan yang melimpah dan juga dapat mengolah sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi.
Dengan konsep- konsep diatas juga dapat mengurangi pengangguran sedikit demisedikit. Apalagi bila peltihan ini bisa dikembangkan dengan optimal mungkin tidak hanya warga tersebut yang mendapatkan manfaatnya. Warga lain juga bisa mendapatkan pekerjaan dari sebuah usaha yang berkembang tersebut. Misalkan saja produk tersebut dapat ,menembus pasar nasional maka secara otomatis warga- warga laen ikut berpartisipasi atau mendapat manfaat dari produk yang dihasilkan.
Harapanya dari kekurangan kampung produktif diatas kita dapat menemukan solusi kedepanya agar sesuai tujuan. Dengan berkembangnya dari kegiatan kampung produktif diatas harapan, dan tujuan dari kegaiatan akan tercapai. Kita juga harus menentukan langkah- langkah untuk membuat kemajuan dari kampung produktif yang sudah ada untuk menjadi lebih baik. Mungkin tahun kemaren mendapatkan ide atau gagasan tentang kampung produktif dan sudah dijalankan. Tahun ini harus bisa membuat kampung produktif tersebut berkembang dan menjadi nasional. Sehingga bisa menjadi percontohan desa- desa lain.
Langkah- langkah yang paling utama kedepanya kita harus fokus dan bekerja keras mendapatkan solusi atau cara mengembangkan desa tersebut. Kita harus meninjau kegiatan yang telah yang telah diberikan dari sebuah pelatihan untuk dapat berjalan terus menerus. Pemasaran juga sangat penting mungkin kita sebagai mahasiswa dapat memasarkan produk- produk makanan dari hasil kampung produktif tersebut. Di mulai dari lingkungan kampus yang potensinya begitu tinggi merupakan langkah awal untuk menjadikan produk mempunyai brand atau terkenal.
Mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara merupakan potensi untuk mengenalkan produk- produk dari kampung produktif. Sihingga dapat dikenal di lingkup nasional. Bilamana pemasaran yang kita laksanakan berjalan dengan lancar menjadi produk yang dikenal nasional maka secara otomatis produksi harus ditingkatkan. Sesuai dengan perkembangan pasar lah produksi tersebut semakin meningkat dan bisa menambah semangat dari warga- warga yang menjadi peran produksi.
Semangat kita semua sebagai mahasiswa untuk mengembangkan potensi diatas sangat dibutuhkan. Tidak sekedar teori belaka harus terjun langsung untuk dapat mengembangkan sumber daya yang telah ada. Kita harus manjadi salah satu motor perkembangan ini. Haru menjadi jiwa yang wirauasaha dan peduli. Mari kita lanjutkan dan kita tingkatkan kegiatan atau program yang telah dibuat saudara- saudara kita. Yakin Bisa Pasti Bisa, Jujur, Disiplin Dan Bekerja Keras!!! Allohuakbar!!!!! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar